Musik adalah sebuah bahasa universal yang semua orang dapat memahami dari nada dan irama. Melewati musik, kita dapat berikan ungkapan rasa senang, gembira, sedih, marah, galau dengan sebuah tangga nada. Dilansir sumber ootdmagazine, musik memberikan sajian pada saat beraktifitas seperti olahraga, bekerja, tidur, dan melewati hari yang panjang. Menurut opini Dave Smith (TechInsider), musik merupakan sebuah ‘personal experience’ yang mendalam. Setiap orang mempunyai selera musik masing-masing, dan tidak semua orang akan menyukai musik yang kamu suka, begitu pula juga sebaliknya. Beberapa orang menikmati musik Pop, Rock, atau bahkan Rap.

Mengingat banyaknya musik telah mengubah dunia, musisi pun juga menjadi sebuah peran terpenting yang dapat menginspirasikan banyak orang di era modern ini. Disini, Konsaato merangkum 10 daftar musisi yang telah mengubah dunia hingga sekarang. Mau tau siapa saja? Mari kita simak satu-persatu!

The Beatles

Band legendaris yang hanya bertahan dalam waktu singkat 10 tahun, merilis 12 album dan 22 lagu single. The Beatles berasal dari Liverpool ini sudah menjadi salah satu pop-icon di seluruh dunia. Faktanya hingga hari ini, banyak lagu-lagu dari mereka masih digunakan dalam sebuah acara-acara besar dan juga didengarkan secara personal oleh penikmat musik. Penampilan terakhir The Beatles merupakan salah satu peninggalan termanis yaitu pada bulan Januari 1969 dimana mereka namakan sebagai ‘rooftop concert’.

Elvis Presley

Elvis Presley dikenal sebagai ‘cultural icon’ pada era 1960-70an. Meskipun harus tutup usia sewaktu masih muda, Elvis meninggalkan banyak karya-karya yang masih dikenang hingga saat ini, yaitu salah satunya “Can’t Help Falling In Love” yang sudah dinyanyikan oleh beberapa versi seperti Ingrid Michaelson dan Twenty One Pilots.

Frank Sinatra

Pria berkelahiran tahun 1915 ini sudah tidak diragukan lagi dengan kemampuan vokal dan performanya. Salah satu lagu hit bertajuk “My Way” termasuk salah satu yang masih dilestarikan. Faktanya, lagu ini sempat dinyanyikan oleh pemilik Glastonbury Festival, Michael Eavis, bersama Coldplay pada 26 Juni lalu.

Bob Dylan

Dikenal dengan musisi yang tampan, Bob Dylan berhasil membuat pendengar musik terkesima kepadanya. Tidak hanya dari gaya musiknya saja, tetapi juga cara Bob berpenampilan pun sangat menjadi pusat perhatian bagi musisi modern saat ini. Penampilan sederhananya menjadikan Bob sebagai musisi yang sangat memberikan influens besar selama 5 dekade berturut-turut.

The Rolling Stones

Tingkat kepopuleran band Rock n Roll–Rolling Stones sudah tidak bisa diragukan lagi. Nyatanya, band asal London, Inggris ini masuk ke dalam daftar US Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1989, dan UK Rock and Roll Hall of Fame. The Rolling Stones juga menduduki posisi keempat sebagai “100 Greatest Artists of All Time” di majalah Rolling Stone.

John Lennon

Terpisah dari The Beatles, John Lennon termasuk salah satu anggota yang sangat aktif dengan bandnya serta solo karirnya. Setelah bubar dengan The Beatles pada tahun 1970, John Lennon mensukseskan diri dengan merilis 11 album dan 21 lagu hit single. Dinamakan juga sebagai musisi kontroversial, John Lennon termasuk salah satu musisi tersukses pada abad ke-20.

Playing For Change

Playing For Change didirikan dengan maksud untuk membangun sebuah proyek musik yang bertujuan untuk menginspirasi, menghubungkan, dan memberikan kedamaian melewati sebuah elemen musik. Lagu cover “Stand By Me” pun telah merebut hati netizen sebanyak 85 juta di Youtube.

Michael Jackson

Dikenal luas dengan sebutan “King of Pop”, Michael Jackson berhasil menginspirasikan jutaan penikmat musik melewati kontribusi musik, dansa dan busananya. Ia pun juga termasuk salah satu musisi yang masuk ke dalam kategori “popular culture” selama empat dekade berturut-turut. Pada tahun 2009, Michael Jackson hampir menggelar konsernya di O2, London selama 9 bulan kedepan. Namun Tuhan berkehendak yang lain, Michael meninggal kurang lebih 3 minggu sebelumnya dan semua penampilannya dibatalkan. Sejak itu, Michael Jackson dijadikan sebagai “Pop Icon” di berbagai tempat bersejarah seperti Walk of Fame dan Madame Tussauds.

Nirvana

Meskipun hanya merilis tiga album selama tujuh tahun, Nirvana merupakan band yang paling ternama selama era modern, khususnya pada tahun 90an. Hingga hari ini, musik Nirvana masih selalu dikenang dan akan selalu memberikan inspirasi kepada dunia musik Rock N’ Roll. Sayangnya, Nirvana harus berpisah pada tahun 1994 dikarenakan meninggalnya vokalis Kurt Cobain diakibatkan bunuh diri.

Guns N’ Roses

Berdiri sejak tahun 1985, Guns N’ Roses kini telah sukses meluncurkan 6 album dengan lebih dari 100 juta kopi, dimana menjadikan suksesnya mereka dalam menjual album di seluruh dunia. “Sweet Child O’ Mine” menjadikan nama band asal Los Angeles ini melejit dalam waktu singkat, meraih posisi pertama di Billboard Hot 100.

Tinggalkan komentar